Lihat Dirimu

Kemarin sore adalah sore yang cukup melelahkan, sampai saya berjalan sambil terkantuk-kantuk. Setelah seharian destilasi metanol di lab, saya ke perpustakaan niatnya mau minjem buku buat referensi penelitian saya. Saya udah nyari-nyari buku di lantai 3, turun ke lantai 1 mau ngurus peminjaman, ternyata nggak boleh minjem karena ada satu buku yang belum saya kembaliin dan udah telat, jadi diblock. Dan buku itu masih di temen saya. Capek. Ke atas lagi balikin buku. Pulang.

Saya lewat Fakultas Ekonomi, di depan saya jalan dua anak (cewek). Saya jalan di belakangnya sambil nahan kantuk dan capek, mereka jalan sambil ketawa-ketawa. Saya tidak sengaja mendengar pembicaraan mereka. yang mereka tertawakan selama berjalan adalah bahasa temen-temen yang dari timur Indonesia. Saya mengira mereka masih mahasiswa baru yang pikirannya sempit yang baru kali ini ketemu orang yang “maybe” berbeda. Ya iyalah, bukankah sudah dipelajari pas sekolah dasar, Indonesia itu beragam, macem-macem suku dan bahasanya, macem-macem juga orang-orangnya.

Sepanjang perjalanan mereka ngetawain bahasa itu. Saya yang sebelumnya sudah capek jadi ditambah capek. Masalahnya, mereka sendiri berasal dari “daerah”. Bahasa mereka medok parah. Saya langsung bisa menduga mereka berasal dari daerah selatan Jawa Timur yang bahasanya “medok” yang saya kadang-kadang juga susah mengerti, padahal sama jawanya. Dan mereka menertawakan orang lain???

Primitif sekali.

Pengen rasanya saya menampar mereka, tapi takut dipenjara.

Masalah terbesar manusia masih “kesombongan”. Bahkan masih merasa sombong terhadap bangsa sendiri, terhadap sesama manusia, apalagi terhadap lingkungan—hewan, tumbuhan, bumi? Orang-orang sombong, yang pikirannya kurang dibuka seperti itu pantas masuk keranjang sampah. Kesombongan membutakan kita, membuat kita bodoh dan narsis overdosis.

Leave a Reply

